Categories

Jumat, 02 Januari 2015

Angkringan Kopi Joss Pak Seh

KOPI PLUS ARANG KHAS YOGYAKARTA


Malam-malam dengan udara dingin enaknya ditemani kopi panas. Namun di Yogyakarta ada kopi yang unik dengan memasukan arang ke dalam kopinya.

Sehabis berjalan-jalan di Malioboro malam-malam, rasanya akan nikmat kalau menyeruput kopi panas sambil nongkrong. Saya lalu berjalan ke arah Stasiun Tugu yang berada di Jalan Mangkubumi. Di jalan ini berjajar beberapa angkringan kopi joss. Orang-orang tampak memadati lesehan di area sekitar angkringan. Angkringan Kopi Jos Pak Seh menjadi pilihan saya untuk menikmati segelas kopi.

Di tempat ini terlihat ada dua buah bakul yang dihubungkan bambu, anglo dengan arang yang membara, dan deretan gelas. Sambil memperhatikan cara membuatnya, saya duduk di dekat bakul sambil mengobrol dengan pembuatnya.

             Awalnya sama seperti membuat kopi biasa, memasukan gula kemudian diseduh kopi panas yang sudah dikocok terlebih dahulu. Yang paling menarik yaitu proses setelah kopi selesai diseduh. Salah seorang mengambil sebuah bongkahan bara api yang masih menyala. Lalu bara tersebut dimasukkan ke dalam kopi. Bzzzzzz....terdengar suara dan kepulan asap saat bara menyentuh air kopi. Tak lama kemudian bara pun mati menjadi arang. Kopi pun siap dinikmati.

Menurut pembuatnya, arang yang dimasukkan ke dalam kopi ini bukanlah dari kayu sembarangan. Arang kayu sambi menjadi paduan kopi joss ini dan berkhasiat untuk menghilangkan masuk angin. Selain itu kadar kafeinnya juga menjadi rendah karena dinetralisir arang.


Setelah mengobrol sebentar, saya pindah posisi duduk di tikar yang digelar di trotoar bersama para pembeli lainnya. Saat di minum memang terasa aroma arangnya, namun tidak mengganggu rasa. Kopinya masih begitu terasa.

Tidak hanya kopi saja yang bisa dinikmati di angkringan yang berjualan muali jam tiga sore sampai jam tiga subuh ini. Minumannya ada teh dan susu. Untuk makanannya ada sego kucing berlauk oseng tempe dan sambal teri, gorengan, serta beragam jenis sate, mulai dari sate ayam, usus, telur, hingga ati ampela. Lengkap sudah menu yang menemani nongkrong di malam hari, banyak makanan yang bisa menjadi teman segelas kopi joss di malam hari.






Teks & Foto: Riman Saputra N

Tidak ada komentar:

Posting Komentar