Categories

Sabtu, 08 November 2014

Pantai Pasir Putih Parbaba

PESONA PESISIR DANAU TOBA

Berbicara pesona Danau Toba memang tidak ada habisnya. Pemandangan alam mulai dari perairan, perbukitan, pegunungan, hingga wisata alam lainnya. Namun ada satu yang unik, ternyata Danau Toba memiliki pantai dengan pasir putihnya.



     Pantai tidak selalu berada di tepi laut, Danau Toba juga memiliki pantai, salah satunya adalah Pantai Pasir Putih Parbaba. Penasaran juga untuk melihat ada pantai di tepi danau. Tidak terbayangkan sebelumnya bagaimana bisa ada pantai di pesisir danau.

     Saya waktu itu berangkat dari Paratat. Untuk mencapai pantai yang terletak di Desa Hutabolon, Kecamatan Panguruan Kabupaten Samosir ini saya melewati rute Parapat yang disambung menyebrang menggunakan kapal ferry ke Tomok.  Setelah itu sekitar satu jam perjalanan ditempuh untuk tiba di tempat tujuan.

     Di sepanjang jalan tentunya saya bisa menikmati indahnya Danau Toba. Kalau diperhatikan rasanya seperti mengelilingi danau yang sangat luas. Rumah-rumah adat batak juga dapat terlihat di pinggir jalan.

     Setibanya di Pantai Pasir Putih Parbaba, pemandangan Danau Toba yang begitu cantik ditambah tiupan angin yang sejuk mampu menghilangkan cuaca yang cukup terik saat itu. Pasirnya putih dan bersih. Nah air di pantai ini tidaklah asin seperti pada umumnya karena ini adalah danau, makanya airnya tawar. Karena itulah sensasi segar dan sejuk yang dirasakan menjadi berbeda.

     Tidak cuma pasir dan danaunya saja yang indah. Saya benar-benar kagum akan pemandangan di seberang danau. Jajaran bukit barisan yang hijau membuat mata menjadi fresh. Pohon-pohon dan jalanan yang tampak kecil terlihat dari kejauhan. Bahkan ada juga air terjun yang bisa terlihat dari sini.

     Selain bisa melihat pemandangan alam, disini juga bisa bermain air dan berenang. Air di tepian tidak begitu dalam sehingga bisa dibilang aman. Ombak pun tampaknya tidak muncul di pantai ini. Memang air danau ini terasa cukup dingin, namun dapat menyegarkan tubuh, apalagi setelah menempuh perjalanan cukup jauh. Buat yang ingin mengarungi Danau Toba, tersedia Banana Boat, kano, speed boat, perahu-perahu kecil, hingga ban untuk bermain.

     Deretan pohon waru yang rindang tersaji di sepanjang bibir pantai. Banyak pengunjung yang berteduh dari teriknya matahari disini. Menikmati keindahan Danau Toba dengan Bukit Barisan-nya di bawah pohon ini juga dapat memberikan sensasi tersendiri, terasa lebih sejuk. Di sekitar saya duduk ada banyak pengunjung yang menikmati makanan yang dibawa dari rumah maupun yang dibeli di kawasan ini. Beberapa tikar terlihat menjadi alas bagi mereka yang menyantap makanan.

     Fasilitas lainnya juga cukup lengkap. Ada tenda-tenda dan kursi yang bisa digunakan siapa saja. Penginapan pun sudah tersedia disini. Penjual pakaian, durian, dan makanan lainnya ikut meramaikan Pantai Pasir Putih Parbaba. Jika berencana pergi ke Samosir, pantai ini bisa menjadi alternatif tempat menikmati Danau Toba ataupun hanya sekedar mencari ketenangan.









Teks & Foto: Riman Saputra N


Tidak ada komentar:

Posting Komentar