Categories

Jumat, 07 November 2014

SoundsFair 2014

SOUNDSFAIR 2014

Sebuah festival baru dengan sentuhan art menghadirkan pengalaman baru bagi para pecinta konser musik. Beberapa genre seperti rock, RnB, hingga electronic menjadi sajian yang memanjakan telinga.



     Perhelatan akbar musik dan seni, SoundsFair, untuk pertama kalinya digelar oleh Java Festival Production (JFP). Festival musik, pameran karya seni, pameran produk, hingga barbershop ada di festival yang berlangsung pada 24, 25, dan 26 Oktober 2014 di Jakarta Convention Center (JCC).  Musisi lokal dan internasional memeriahkan Sembilan panggung yang ada di JCC.

     RAN menjadi pembuka meriahnya konser di Plenary Hall yang menjadi panggung utama festival ini. Panggung ini semakin dipadati penonton saat Sophie Ellis-Bextor yang berhasil membakar semangat mereka. Beberapa lagu seperti ‘Young Blood’, ‘Untill The Stars Collide’, ‘Murder on the Dancefloor,’ hingga ‘Take Me Home’ membuat suasana semakin bergemuruh. Tidak hanya itu, penonton semakin terpana saat ia berganti kostum dengan dress hijau semi transparan. Sementara itu di ruang Cendrawasih 1 dan 2, kelompok musik beraliran ska dan jazz, Tokyo Ska Paradise Orchestra membuat penonton membeludak hingga keluar ruangan. Meski tanpa vokal, musik yang cepat dengan gerakan atraktif di atas panggung membuat penonton bergoyang dengan energik.

     Setelah itu giliran Magic! yang membuat penoton mengantri untuk menyaksikannya. Band yang digawangi Nasri Atweh, Mark Pellizzer, Ben Spivak, dan Alex Tanas langsung membuat riuh penonton sambil bergoyang. Hits paling favorit saat ini, ‘Rude’, menjadi lagu penutup dari Magic! dan sekaligus menutup panggung utama hari pertama. Nama-nama lain yang ikut memeriahkan hari pembuka ini ada Asian Dub Foundation, My Skin Againts Your Skins, Rock n Roll Mafia, Bottlesmoker, Superglad, dan masih banyak lagi.

     Di hari kedua, Ipang, Cody Simpson, Tulus, Maliq n D’Essentials, Poolside, Teman Sebangku, Cibo Mato, The BRNLDS, hingga Gilbert Pohan ikut meramaikan suasana SoundsFair. Ipang Lazuardi menjadi penampil pertama di panggung utama yang membuat teriakan histeris penonton menggema dalam venue. Sebelumnya, Maliq telah meramaikan panggung Cendrawasih. Penampilannya yang energik dengan koreografi apik membuat peonton ikut berjoget.

     Namun Cody Simpson lah yang menjadi bintang utama di hari kedua. Pelantun lagu ‘Love’ dan ‘La Da Dee’ ini membuat ratusan remaja putri menunggu di depan pintu masuk dengan beralaskan lantai. Teriakan histeris langsung bergema begitu tirai panggung penyanyi berusia tujuh belas tahun ini dibuka. Dan panggung utama ditutup dengan penampilan Tulus yang memberikan hiburan menarik lewat lagu-lagunya yang sedang digemari saat ini. Penampilan manisnya ini berakhir seiring lagu Jangan ‘Cintai Aku Apa Adanya’ dan ‘Sewindu’.

     Ari Lasso, Yuna, The Jacksons, Mocca, The S.I.G.I.T, Adhitia Sofyan, Teza Sumenda, Float, menjadi beberapa nama yang mengisi Soundsfair hari terakhir. Ratusan penonton telah siap di depan panggung menantikan Ari Lasso yang menjadi penampil pertama di panggung utama. Lagu-lagu seperti ‘Mengejar Matahari’, ‘Badai Pasti Berlalu’, ‘Rahasia Perempuan’, hingga ‘Misteri Ilahi’ membuat penonton ikut bernyanyi. Sementara itu di panggung lain, Mocca membawakan lagu barunya tentang kota asal mereka, Bandung. Dengan suara merdunya, Arina menjadikan seisi ruang terasa teduh. Penonton pun memberikan tepuk tangan meriah untuk aksi Mocca dengan lagu-lagunya seperti ‘My Only One’, ‘Secret Admirer’, hingga ‘Do what You Wanna Do’.

     Dan yang paling dinantikan di hari pamungkas ini adalah The Jacksons. Teriakan penonton semakin menjadi-jadi saat tirai panggung dibuka. Jackie, Tito, Jermaine, dan Marlon Jackson langsung menampilkan koreografi yang enerjik dalam lagu Can You Feel. Walaupun tak muda lagi, mereka tetap energik dan kompak mulai dari lagu pertama hingga akhir. Ratusan penonton pun tak mau kalah dengan ikut berjoget mengikuti alunan musik.  Dua lagu fenomenal, ‘I Want You Back’ dan ‘I’ll Be There’ membuat penonton ikut bernyanyi. Penonton pun diajak bernostalgia saat video perjalanan panjang The Jacksons termasuk saat diperkuat King of Pop, Michael Jackson diputar. Akhirnya lagu ‘Shake Your Body’ menutup penampilan para legenda tersebut dan penonton pun memberikan apresiasi tinggi atas penampilannya.


















Teks & Foto: Riman Saputra N


Tidak ada komentar:

Posting Komentar